PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI MTS. NU 04 MUALLIMIN WELERI

Penulis

  • Rosidin Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.60

Kata Kunci:

Teacher, Learning Motivation, Student.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs. Nu 04 Muallimin desa penaruban kecamatan weleri kabupaten kendal, melalui pembelajaran di dalam kelas. Guru merupakan titik sentral, yaitu sebagai ujung tombak di lapangan dalam pengembangan kurikulum. Keberhasilan belajar mengajar antara lain ditentukan oleh kemampuan professional dalam pribadi guru, dikarenakan pengembangan kurikulum berangkat dari dalam kelas, sehingga guru hendaknya mengusahakan gagasan kreatif dalam menerapkan kurikulum di kelasnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan desain fenomenologi yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas praktik pembelajaran di dalam kelas. Data yang diambil adalah data sikap ilmiah siswa melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan wawancara dan observasi serta keduanya dilakukan pengecekan silang dengan tambahan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh peran yang dilakukan guru-guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik di MTs. Nu 04 Muallimin Weleri. Tujuh peran tersebut yaitu; Penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, pemberian tugas yang teratur, pujian (reward), evaluasi yang konsisten, penilaian dalam setiap aspek, dan juga hukuman (punishment).

Referensi

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru Dan Anak Didik Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi Dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. Https://Doi.Org/10.51577/Ijipublication.V1i3.121

Idzhar, A. 2016. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 2221-228.

Moleong, Lexy. 2010. Qualitative Research Methodology. (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Ratnaningsih, S. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Mi, 5(2), 275–286.

Sugiyono, Quantitative and Qualitative Research Methods and R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suhaemi, A. N., Laurenza, D., Pandu, F. B., & Abhista, D. P. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 195–199.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82.

Tegor, Dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Lakeisha.

Widhayanti, A., Abduh, M., & Surakarta, U. M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Audiovisual Berbantuan Power Point Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1587–1593.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-09

Cara Mengutip

Rosidin. (2022). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI MTS. NU 04 MUALLIMIN WELERI. Istifkar: Media Transformasi Pendidikan, 2(1), 67–81. https://doi.org/10.62509/ji.v2i1.60