PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PERON LIMBANGAN KENDAL

Penulis

  • Nely Irnik Darajah sekolah tinggi islam kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.43

Kata Kunci:

Kata Kunci: Manajemen Hubungan Masyarakat, Manajemen Pendidikan Islam, Pondok Pesantren.

Abstrak

Pesantren merupakan sistem pendidikan dengan karakter yang khas dengan mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pedoman etika dan moralitas ditengah modernisasi dan krisis akhlak. Peran humas dalam pesantren di era modern ini sangat diperlukan membangun dan memelihara kepercayaan masyarakat terhadap pondok pesantren. Manajemen kehumasan membutuhkan strategi yang efektif dan efisien untuk menyampaikan kepentingan pesantren terkait peran dan kontribusinya secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah santri baru, dampak dari implementasinya serta faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen hubungan masyarakat di Pondok Pesantren Miftahul Huda Limbangan Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi secara langsung untuk Analisis data secara reduksi data, model data, penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan Pondok Pesantren Miftahul Huda menerapkan manajemen hubungan masyarakat yang merupakan suatu pengelolaan yang didalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan adalah dengan menjalin kerjasama dengan pihak wali santri, tokoh masyarakat, masyarakat sekitar, alumni, dan media cetak/online. Pemberian informasi mengenai program pondok pesantren, komunikasi intensif dengan berbagai pihak, dukungan dari masyarakat serta publikasi prestasi santri di Pondok Pesantren dilakukan. Jumlah santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda terus mengalami peningkatan. Peran manajemen humas di Pondok Pesantren Miftahul Huda sebagai penghubung, pengkomunikasi, pendukung dan publikator secara optimal menghasilkan hubungan kerjasama yang baik antara pesantren dengan masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan jumlah santri Pondok Pesantren Miftahul Huda.

Referensi

Afandi, R. (2013). Efektifitas Kepemimpinan Transformasional Pesantren Bagi Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 99–122.

Anwar, R. (2015). Peran Praktisi Public Relations Dalam Organisasi-Organisasi Di Yogyakarta. Jurnal An-Nida, Jurnal Komunikasi Islam, 7(1), 46–55.

Bonar, S. (1993). Hubungan Masyarakat Modern: Public Relations. PT. Rineka Cipta.

Crosswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 4th Edition. Sage Publisher.

Finawati. (2022). Implementasi Manajemen Humas di Pondok Pesantren Annasyi’in Pamekasan. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 152–159. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i2.14023

Grace, R. A., & Harrington, S. Y. (2015). Our Children, Our Schools: Seeking Solutions for Improving the Climate in Urban Public Schools. Alabama Journal of Educational Leadership, 2(1), 1–14.

Habib, M., Sihombing, U. M., Rahmadani, U., & Wirahayu, W. (2021). Pentingnya Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 269–275. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.100

Hakim, M. N. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121–139. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.245

Hasbullah. (2003). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo.

Juhji, Nadeak, B., Arifudin, O., Mustafa, M., Choiriyati, W., Hanika, I. M., Tanjung, R., & Adiasi, G. R. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Widina Bhakti Persada Bandung.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. INIS.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2009). Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Ar Ruzz Media.

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Dalam Membangun Brand Image. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, 3(2), 58–72. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v1i2.5545

Nasution, Z. (2010). Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan: Konsep, Fenomena, Dan Aplikasinya. UMM Press.

Nurfuadi, & Yuliana. (2023). Manajemen Humas Madrasah. Wawasan Ilmu.

Rais, W. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konsep Manajemen Hubungan Masyarakat Dengan Sekolah. ECONOS Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 10(1), 55–73.

Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 171–182. https://doi.org/10.24912/JMISHUMSEN.V1I1.347

Suhaila, & Kurnia, I. (2023). Peran Hubungan Masyarakat Dalam Kemajuan Pesantren. Sraddha, Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 1(2), 19–34.

Suryosubroto. (2001). Humas Dalam Dunia Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktis. Mitra Gama Widya.

Syahril. (2005). Manajemen Sarana dan Prasarana. UNP Press.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-09

Cara Mengutip

Irnik Darajah, N. (2021). PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PERON LIMBANGAN KENDAL. Istifkar: Media Transformasi Pendidikan, 1(2), 136–153. https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.43