Integrasi Nilai Religius dan Teknologi: Peran Guru PAI di Era Digital Di MA Mualimin Parakan

Penulis

  • Mafakir Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Ali Saidi Rodhiya Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • M Fauzi Rizal Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • M Fathul Ihsanudin Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Umibintiyah Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpkm.v4i2.288

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Era Digital, Karakter Religius, Guru PAI.

Abstrak

Era digital menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi Pendidikan Agama Islam (PAI). Teknologi mempermudah komunikasi, pembelajaran, dan aktivitas sehari-hari, tetapi penyalahgunaannya berpotensi menimbulkan kecanduan digital, degradasi moral, dan melemahkan keterampilan sosial. Artikel ini bertujuan mengkaji peran guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di era digital. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan menganalisis berbagai literatur terkait implementasi nilai religius, strategi pembelajaran, serta tantangan guru PAI. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru PAI berperan penting sebagai pendidik, pembimbing, dan teladan dengan memanfaatkan media digital seperti aplikasi Islami, platform pembelajaran, dan media sosial secara kreatif dan interaktif. Strategi yang digunakan meliputi pendekatan preventif, represif, dan kuratif dalam menanamkan nilai iman, takwa, dan akhlak mulia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

Mafakir, Rodhiya, A. S., Rizal, M. F., Ihsanudin, M. F., & Umibintiyah. (2025). Integrasi Nilai Religius dan Teknologi: Peran Guru PAI di Era Digital Di MA Mualimin Parakan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 156–166. https://doi.org/10.62509/jpkm.v4i2.288