Penguatan Karakter Islam melalui Program Jurnal Membaca di MA NU 06 Cepiring

Penulis

  • Masruri Sekolah tinggi islam kendal
  • Moh Bayu Irawan Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Maulida Hidayatul Auliya Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Zanuba Arifa Hafsoh Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Ayu Satriyani Phalepi Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpkm.v4i1.273

Kata Kunci:

Jurnal Membaca, LITERASI, Penguatan Karakter, Karakter Islam, Pendidikan Agama Islam, Nilai, Pendidikan, Akhlak, Karakter

Abstrak

Penguatan karakter merupakan agenda penting dalam dunia pendidikan, khususnya untuk melahirkan generasi yang memiliki integritas dan moralitas yang baik. Dalam lingkungan pendidikan Islam, penanaman karakter Islami menjadi hal yang sangat penting. Riset ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi jurnal membaca dalam membentuk karakter Islami siswa di MA NU 06 Cepiring. Dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif, data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menulis jurnal membaca yang terintegrasi ke dalam kurikulum berhasil menumbuhkan karakter disiplin dan rasa tanggung jawab pada siswa. Selain itu, melalui perenungan dan rangkuman isi buku, terutama yang bertemakan keislaman, para siswa mampu menginternalisasi nilai-nilai religius dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks ini, jurnal membaca berperan sebagai media refleksi yang efektif untuk memperkuat nilai-nilai karakter Islam. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan lain yang ingin mengembangkan program literasi yang tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-03

Cara Mengutip

Masruri, Irawan, M. B., Hidayatul Auliya, M., Arifa Hafsoh, Z., & Satriyani Phalepi, A. (2025). Penguatan Karakter Islam melalui Program Jurnal Membaca di MA NU 06 Cepiring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 102–114. https://doi.org/10.62509/jpkm.v4i1.273