Etos Kerja Mahasiswa PPL: Studi Pengalaman Mengajar PAI di SMK NU 01 Kendal

Penulis

  • Suciptono Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Nanang Ginanjar Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Ahmad Rizqi Nahzdia Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Ismatuz Zahro Sekolah Tinggi Islam Kendal
  • Sinta Malida Khusna Sekolah Tinggi Islam Kendal

DOI:

https://doi.org/10.62509/jpkm.v4i1.237

Kata Kunci:

Etos kerja, Mahasiswa PPL, Tantangan mengajar, PAI, SMK NU 01 Kendal

Abstrak

Etos kerja adalah sikap, semangat dan komitmen individu dalam melaksanakan tangung jawab termasuk bagi mahasiswa yang mengikuti Praktik pengalaman Lapangan (PPL) untuk meningkatkan keterampilan mengajar. Mahasiswa PPL harus memiliki kesiapan mental, kemampuan pedagogik, dan sikap professional untuk bias meng hadapi beragam tantangan dalam proses pembelajaran, terutama dalam matapelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengali peran etos kerja magasiswa PPL dalam menghadapi tantangan mengajar PAI di SMK NU 01 Kendal. Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh data yang releven.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa semangat kerja mahasiswa PPL berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Tantangan yang dihadapi mencakup perbedaan latar belakang pengetahuan agama siswa, rendahnya minat belajar, pengelolaan kelas, serta keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran. Dengan semangat kerja yang positif seperti disiplin, tangung jawaba,integritas, dan kreativitas dalam menyusun mwtude pembelajaran, mahasiswa ppl dapat mengetasi tantangan- tantangan tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-09

Cara Mengutip

Suciptono, Ginanjar, N., Rizqi Nahzdia, A., Zahro, I., & Malida Khusna, S. (2025). Etos Kerja Mahasiswa PPL: Studi Pengalaman Mengajar PAI di SMK NU 01 Kendal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 25–38. https://doi.org/10.62509/jpkm.v4i1.237